Syarat Nikah, Cara Daftar, Dan Biaya Proses Pendaftaran Nikah Di KUA

Image: canva.com

Syarat Nikah, Cara Daftar, Dan Biaya Proses Pendaftaran Nikah Di KUA

Ada beberapa syarat nikah yang harus dipenuhi sebelum Kamu bisa menikah dan mendaftarkan pernikahanmu secara resmi di KUA. Dalam sebuah proses pernikahan, Kamu baru bisa mengajukan pernikahan ke KUA hanya jika Kamu sudah memiliki dokumen yang lengkap sebagai persyaratan.

Karena itulah penting sekali untuk mengurus syarat menikah secepatnya. Lalu apa saja yang dibutuhkan sebagai syarat sebelum melangsungkan pernikahan? Ada beberapa dokumen yang harus Kamu persiapkan di antaranya adalah :

  1. Surat keterangan asal-usul
  2. Surat keterangan nikah
  3. Surat keterangan orang tua
  4. Surat pernyataan dari calon mempelai
  5. Surat persetujuan mempelai
  6. Pas foto ukuran 3×4 (4 lembar) dan ukuran 2×3 (4 lembar)
  7. Fotokopi KTP
  8. Fotokopi akta kelahiran
  9. Surat keterangan kesehatan dari Puskesmas
  10. Fotokopi KTP saksi nikah
Baca Juga :  Contoh Rincian Biaya Pernikahan Sederhana Yang Akan Kita Keluarkan

Semua dokumen ini harus dilengkapi agar Kamu bisa mendaftarkan diri untuk menikah ke KUA. Lalu seperti apa cara pengurusannya?

Cara Mengurus Syarat Pernikahan

Untuk melengkapi semua syarat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Cara mengurus syarat nikah sebenarnya mudah dan sederhana hanya saja orang seringkali melihatnya ribet dan rumit karena banyak dokumen yang harus dikumpulkan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah pihak pria mengajukan surat numpang nikah ke kelurahan setempat.
Selanjutnya, calon pengantin bisa langsung menuju puskesmas terdekat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Setelah semua dokumen terkumpul, calon mempelai wanita bisa segera menuju ke kelurahan dan mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan.

Baca Juga :  9 Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Ngebet Nikah

Jika semua syarat sudah lengkap maka Kamu bisa langsung membawa semua syarat tersebut ke KUA. Di KUA, Kamu bisa menyerahkan dokumen persyaratan dan melakukan pendaftaran untuk menikah.
Silakan konsultasikan jadwal pernikahan dan jika pihak calon mempelai wanita tidak memiliki ayah atau ayahnya sudah meninggal maka perlu didiskusikan siapa wali nikah yang berhak. Jika tidak ada wali nikah dari pihak keluarga, maka mempelai wanita bisa membeli wali nikah dari KUA.

Biaya Menikah

Agar bisa melangsungkan pernikahan, maka Kamu perlu membayar biaya yang dibutuhkan. Setelah menyerahkan semua berkas yang dibutuhkan, Kamu bisa langsung membayar. Perlu diketahui bahwa biaya yang dimaksud di sini adalah biaya untuk melangsungkan akad nikah dan terdaftar resmi di KUA.

Baca Juga :  Cara Mengurus Surat Numpang Nikah Sampai Jadi Dan Lengkap

Ada dua pilihan cara menikah yang bisa Kamu lakukan yaitu menikah langsung di KUA dan menikah di luar KUA. Jika Kamu menikah langsung di KUA, maka biaya yang dibutuhkan akan sangat ringan karena Kamu tidak perlu membayar untuk bisa menikah di KUA, cukup menyerahkan syarat nikah.

Namun, jika Kamu menikah di luar KUA dan di luar jam kerja KUA maka Kamu perlu membayar sebesar Rp 600.000. Jadi, silakan dipikirkan kembali dimana Kamu akan melangsungkan akad nikah supaya bisa disesuaikan dengan anggaran.

Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu ya. Semoga lekas halal dan sukses pernikahaanya. Semoga kalau sudah nikah jadi keluarga samawa.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *