Dampak Negatif Tidak Menutup Aurat

Image: canva.com

9 Dampak Negatif Tidak Menutup Aurat Yang Wajib Kamu Tau

Bagi laki-laki, aurat memang hanya sebatas pusar hingga lutut sedangkan wanita wajib menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Namun, masih banyak kaum muslimah yang enggan menutup aurat dengan berbagai alasan. Padahal, ada 9 dampak negatif tidak menutup aurat yang wajib Kamu ketahui berikut ini.

1. Berdosa

Menutup aurat merupakan perintah Allah SWT yang harus dipatuhi oleh seluruh umat muslim termasuk kaum Hawa. Wanita wajib menutup aurat untuk kebaikan diri sendiri, mendatangkan pahala dan menjauhkan diri dari dosa.

2. Amalan Baik Yang Terhapus

Islam memerintahkan seluruh umat untuk melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah SWT termasuk kewajiban menutup aurat. Tidak diperbolehkan menganggap enteng salah satu kewajiban dan mengabaikan perintah yang lain. Hal ini bisa mengakibatkan amal baik akan terhapus.

3. Tidak Bisa Menjadi Identitas

Baca Juga :  9 Cara Berpenampilan Menarik Agar Dilirik Para Pria

Sebagai seorang muslimah sejati, menutup aurat bisa menjadi bentuk identitas diri sebagai penganut agama Islam. Identitas menjadi salah satu kebanggan dan menjadi acuan agar bisa berperilaku lebih baik sesuai syariat.

4. Hilangnya Motivasi Menjaga Akhlak

Memang benar bahwa hijab atau pakaian menutup aurat tidak bisa menjamin seseorang memiliki akhlak yang baik. Tetapi, hijab atau pakaian syar’i bisa menjadi motivasi bagi muslimah untuk lebih menjaga sikap dan tindakan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Al-qur’an dan hadist.

5. Menghilangkan Rasa Malu

Dampak negatif tidak menutup aurat adalah bisa menghilangkan rasa malu. Padahal, Rasulullah sendiri menyebutkan bahwa malu merupakan sebagian dari iman. Saat seorang muslim telah kehilangan rasa malu, maka kerusakan akhlak menjadi akibat yang paling tidak diinginkan. Oleh sebab itu, Kamu wajib menutup aurat agar senantiasa bisa menjaga diri dengan baik.

Baca Juga :  9 Manfaat Menutup Aurat Yang Wajib Kamu Ketahui

6. Terjerat Hawa Nafsu

Berpakaian tertutup atau menutup aurat merupakan ciri muslim terbaik yang mematuhi semua perintah Allah. Patuh pada perintah merupakan salah satu tanda seseorang memiliki iman. Bisa jadi orang yang menyepelekan atau mengabaikan perintah Allah akan lebih mudah terjerat godaan hawa nafsu.

7. Tidak Melindungi Diri Dari Kejahatan

Kejahatan seksual bisa terjadi di mana-mana. Beberapa kasus menunjukkan bahwa pelecehan seksual terjadi saat seseorang tidak bisa menahan diri melihat para wanita yang mengumbar aurat. Bermula dari foto yang dipajang di sosial media, kejahatan seksual bisa saja terjadi di era kemudahan digital ini.

8. Mementingkan Diri Untuk Berdandan

Jika Kamu berdandan untuk menyenangkan suami, Islam sangat menganjurkan hal tersebut. Namun, orang yang mengumbar aurat bisa saja menjadi lebih perhatian pada bentuk tubuh atau wajah. Mereka sibuk berhias untuk menarik perhatian orang lain di luar rumah. Bisa saja dampak negatif lain sering terjadi seperti memicu cemburu sang suami, perselingkuhan, melalaikan pekerjaan rumah tangga dan lain-lain.

Baca Juga :  9 Jenis Pakaian Wanita Yang Perlu Kamu Tau

9. Terkena Bahaya Penyakit Kulit

Terlalu sering berada di luar rumah dan terpapar sinar matahari bisa membuat seseorang terkena masalah kulit. Radiasi bisa memicu masalah kulit kusam, kering hingga terkena kanker kulit yang berbahaya.

9 dampak negatif tidak menutup aurat di atas wajib Kamu pertimbangkan agar bisa menjadi pribadi yang taat pada perintah Allah SWT. Menutup aurat merupakan kewajiban setiap muslim dan bermanfaat untuk menjaga diri sendiri dari risiko kejahatan seksual. Selain itu, menutup aurat dengan baik akan menambah keimanan lebih baik lagi.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *