Cara Mengurus Surat Numpang Nikah

Image: canva.com

Cara Mengurus Surat Numpang Nikah Sampai Jadi Dan Lengkap

Bagaimana cara mengurus surat numpang nikah? Pertanyaan ini sering diajukan oleh mereka yang akan menikah. Bagi calon mempelai, sebelum acara pernikahan digelar memang ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sedini mungkin. Agar bisa melangsungkan akad nikah dan resmi menikah, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Selain mempersiapkan perlengkapan untuk menggelar acara pesta pernikahan, Kamu juga harus mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan menikah. Ada beberapa jenis dokumen yang ditetapkan menjadi syarat dan salah satunya adalah surat numpang nikah dari pihak calon mempelai laki-laki.

Akad nikah akan digelar di kediaman pihak calon mempelai wanita. Jadi, calon mempelai laki-laki harus membawa surat pengantar nikah dari keluarahan tempat ia tinggal. Barulah kemudian bisa mengajukan menikah ke KUA jika sudah ada surat pengantar. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk mengurus surat numpang nikah ini?

Baca Juga :  Kapan Saya Menikah? Nih, Jawabannya Buat Kamu Yang Lagi Galau

Cara Mengurus

Cara mengurus surat numpang nikah sebenarnya tidaklah sulit. Bahkan syarat yang dibutuhkan sangat sederhana. Kamu cukup membawa KTP diri sendiri dan KTP calon istri, KK sendiri dan KK dari calon istri, kemudian langsung pergi ke kelurahan dan mengisi formulir pengajuan surat numpang nikah.

Petugas kelurahan bisa langsung membuatkan kelengkapan surat numpang nikah yang Kamu butuhkan secepatnya. Ada beberapa surat yang akan Kamu dapatkan setelah mengajukan surat numpang nikah. Semua surat ini perlu dikumpulkan untuk mendapatkan ijin menikah dari KUA.

Berikut adalah beberapa jenis surat yang menjadi kelengkapan dari surat numpang nikah :

  1. Surat keterangan untuk nikah
  2. Surat keterangan asal-usul
  3. Surat keterangan orang tua
  4. Surat pernyataan
  5. Surat persetujuan kedua calon mempelai
Baca Juga :  Syarat Nikah, Cara Daftar, Dan Biaya Proses Pendaftaran Nikah Di KUA

Semua surat ini harus Kamu miliki karena menjadi syarat untuk mengajukan pernikahan ke KUA. Khusus untuk surat penyataan, harus dilakukan tanda tangan di atas materai dan ditanda-tangani oleh saksi dari pihak kelurahan. Sementara itu, untuk surat persetujuan mempelai, harus ada tangan dari calon mempelai pria maupun wanita.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan surat-surat ini? Tenang, Kamu tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan surat-surat ini. Kelengkapan surat numpang nikah bisa Kamu dapatkan secepatnya bahkan di hari itu juga. Kecuali jika ada sesuatu hal terjadi misalnya Pak Lurah sedang bertugas di luar kantor.

Selain waktu pengurusan yang cepat, Kamu juga tidak perlu membayar biaya sepeserpun untuk mendapatkan surat-surat ini. Jadi, jangan malas untuk mengurus surat numpang nikah ini karena prosedurnya mudah dan tergolong cepat.

Baca Juga :  9 Cara Mendekati Calon Mertua Bagi Wanita Agar Dapat Restu

Pada dasarnya, mengurus syarat menikah itu tidaklah sulit. Jika Kamu tahu apa saja yang perlu dilakukan, maka Kamu bisa memenuhi syarat menikah dalam waktu singkat. Selain itu jangan menggampangkan pengurusan syarat menikah dan akhirnya menunda-nundah. Semoga informasi cara mengurus surat numpang nikah ini bisa bermanfaat.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *