Cara Mendidik Anak Agar Menurut Dan Berbakti Kepada Orang Tua

Image: canva.com

9 Cara Mendidik Anak Agar Menurut Dan Berbakti Kepada Orang Tua

Setiap orang tua memiliki cara mendidik anak yang berbeda-beda. Seiring dengan jaman yang terus berkembang, tak bisa dipungkiri kalau cara orang tua dalam mendidik anak juga berubah. Intinya satu, setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang dengan baik.

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda. Terkadang ada anak yang mudah untuk dinasehati namun ada pula yang sangat sulit untuk diatur. Padahal, setiap orang tua pasti ingin anaknya bisa tumbuh sebagai anak penurut dan berbakti kepada orang tua.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendidik anak yang tepat supaya bisa tumbuh menjadi anak yang penurut dan berbakti. Inilah dia 9 cara yang bisa Kamu lakukan :

1. Biasakan Sejak Dini

Baca Juga :  9 Cara Mendidik Anak Perempuan Yang Baik Dan Benar

Tanamkan nilai-nilai positif kepada anak sejak dini. Sedini mungkin orang tua perlu memberikan pengertian kepada anak bahwa mereka harus mendengarkan nasihat dari orang tua.

2. Ajak Anak Berkomunikasi

Sebagian besar kasus anak enggan menurut pada orang tua karena mereka tidak sering berkomunikasi dengan orang tua. Orang tua sangat disarankan untuk sesering mungkin mengobrol dengan anak setiap hari.

3. Jangan Menuruti Semua Permintaan Anak

Jangan selalu menuruti permintaan anak. Sebagai orang tua, Kamu harus bijak menentukan mana yang memang dibutuhkan anak dan mana yang hanya keinginannya semata.

4. Hindari Kekerasan

Jangan sekalipun menerapkan kekerasan kepada anak. Kekerasan tidak akan membuat nasihatmu didengar oleh anak. Sebaliknya, anak justru akan semakin tertantang untuk membangkang.

Baca Juga :  9 Cara Membuat Suami Betah Di Rumah Agar Tidak Keluyuran Terus

5. Berikah Hadiah Kepada Anak

Sebagai orang tua, Kamu harus terus memberikan apresiasi kepada anak. Setiap kali anak berhasil melakukan sesuatu yang positif, berikan hadiah kecil untuk anak agar ia terus termotivasi untuk menjadi anak yang baik.

6. Jangan Mengekang

Hindari mengekang anak dengan aturan-aturan yang ketat. Tidak masalah jika ingin anak mengikuti aturan yang Kamu buat, namun buatlah anak tidak merasa terkekang dengan aturanmu. Tetap berikan ruang bagi anak untuk berekspresi sesuai dengan kemauan hatinya.

7. Berikan Hukuman Yang Bijak

Saat anak melakukan kesalahan, orang tua berhak untuk memberikan hukuman. Namun, perlu diperhatikan bahwa hukuman yang diberikan harus hukuman yang mendidik bukan mengarah pada kekerasan.

Baca Juga :  9 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Yang Baik dan Benar

8. Luangkan Waktu Dengan Anak

Meskipun memiliki kesibukan yang tinggi, setiap orang tua harus tetap meluangkan waktu bersama anak mereka. Ajak anak untuk makan bersama atau berbelanja keperluan sehari-hari agar mereka merasa semakin dekat dengan orang tuanya.

9. Berikan Contoh Langsung

Orang tua menjadi role model bagi anak. Anak selalu mencontoh apa yang orang tuanya lakukan. Agar anak bisa menjadi penurut dan berbakti kepada orang tua, maka Kamu harus memberikan contoh langsung kepada mereka.

Itulah tadi 9 cara mendidik anak yang bisa Kamu terapkan langsung kepada anak. Pastikan untuk tidak menerapkan kekerasan kepada anak karena tindakan ini bisa membuat anak trauma.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *