Cara Mendidik Anak Laki-Laki Yang Baik dan Benar

Image: canva.com

9 Cara Mendidik Anak Laki-Laki Yang Baik dan Benar

Cara mendidik anak berbeda-beda karena memang setiap anak memiliki sifat yang tidak sama. Cara mendidik anak laki-laki juga akan berbeda dengan cara mendidik anak perempuan. Anak laki-laki dan perempuan memiliki karakter yang berbeda sehingga cara mendidiknya juga harus disesuaikan.

Anak laki-laki sering sekali dikenal memiliki sifat yang keras dan hobi membangkang. Namun, sebenarnya dengan cara mendidik yang tepat, anak laki-laki bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan menurut kepada orang tua. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk mendidik anak laki-laki. Inilah dia 9 cara mendidik anak laki-laki yang baik dan benar :

1. Berikan Peraturan

Anak laki-laki cenderung ingin selalu bebas dan bertindak semaunya sendiri. Untuk mengendalikan anak laki-laki maka orang tua perlu memberikan peraturan yang sekiranya bisa mengarahkan anak menjadi lebih baik.

Baca Juga :  9 Cara Menghadapi Suami Pemarah Dalam Rumah Tangga

2. Jangan Mengekang

Orang tua berhak menetapkan peraturan namun tidak boleh terlalu mengekang. Berikan ruang bagi anak untuk tetap berekspresi sesuai dengan keinginannya. Terlalu mengekang aktivitas anak bisa membuat anak merasa tertekan dan malah semakin ingin memberontak.

3. Kenali Teman-Teman Anak

Perilaku anak bisa terbentuk dari lingkungan sekitarnya. Teman-teman memberikan pengaruh besar bagi pembentukan karakter anak. Sebagai orang tua, cobalah untuk mengenali teman-teman yang ada di sekitar anak.

4. Berikan Contoh kepada Anak

Jika orang tua ingin anaknya berperilaku baik maka orang tua harus memberikan contoh yang tepat. Anak cenderung mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Jika orang tua memberikan contoh yang baik maka anak juga akan berkarakter baik.

Baca Juga :  9 Cara Mendidik Anak Menurut Islam Yang Baik Dan Benar

5. Berikan Nasihat dengan Bijak

Karakter anak terbentuk dari apa yang disampaikan orang tua kepadanya. Orang tua disarankan memberi nasihat yang bijak kepada anak agar anak mengerti seperti apa perilaku yang baik dan apa yang buruk.

6. Jangan Pakai Kekerasan

Hindari kekerasan setiap kali ingin memberi nasihat kepada anak. Bahkan jika anak melakukan kesalahan sekalipun, jangan sampai melakukan kekerasan. Kekerasan justru akan membuat anak trauma dan semakin ingin membangkang.

7. Berikan Hukuman yang Bijak

Setiap kali anak melakukan kesalahan, orang tua berhak memberi hukuman dengan cara yang bijak. Justru memberi hukuman sangat dianjurkan agar anak mengerti bahwa apa yang dilakukan salah dan tidak mengulanginya lagi.

Baca Juga :  9 Cara Membuat Suami Makin Cinta Sama Kamu Nih

8. Berikan Apresiasi

Setiap kebaikan yang dilakukan oleh anak patut untuk dihargai. Berikan hadiah kecil kepada anak setiap kali ia melakukan kebaikan atau ketika ia meraih prestasi.

9.Berikan Fasilitas pada Anak

Agar anak tumbuh dan berkembang dengan baik maka orang tua perlu memberikan fasilitas kepada anak. Berikan fasilitas yang lengkap namun pastikan untuk memberi fasilitas yang memang benar-benar dibutuhkan anak.

Itulah tadi 9 cara mendidik anak laki-laki yang bisa dilakukan. Jika memang anak cenderung sulit untuk dinasihati maka orang tua tetap harus bersabar dan memberikan nasihat dengan bijak tanpa kekerasan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *