Cara Memperjuangkan Cinta Dalam Islam

Image: canva.com

9 Cara Memperjuangkan Cinta Dalam Islam Yang Perlu Kamu Ikuti

Cinta merupakan hal naluriah yang dialami semua orang. Bukankah Allah menciptakan setiap manusia untuk berpasangan? Oleh sebab itu, memiliki ketertarikan dan cinta kepada lawan jenis bukan hal yang salah. Tetapi, Kamu tetap harus berlandaskan aturan yang telah ada dalam Al-quran dan Hadist agar tidak terjebak dalam zina. Berikut 9 cara memperjuangkan cinta dalam Islam.

1. Menjaga Pandangan

Kamu memang tertarik padanya tetapi wajib menjaga pandangan. Jangan sampai Kamu mengagumi si dia berlebihan hingga membuat lupa daratan. Menjaga pandangan juga menjalankan ketetapan Allah SWT.

2. Meyakinkan Niat Karena Allah SWT

Ibadah yang paling lama adalah menikah sehingga Kamu wajib mempertimbangkan semua aspek. Tetapkan hati dan niat hanya untuk beribadah kepada Allah SWT sebelum melakukan ta’aruf dengannya.

3. Banyak Berdoa Kepada Allah SWT

Baca Juga :  9 Tips Menjalin Hubungan Jarak Jauh (LDR) Agar Tetap Langgeng

Doa merupakan jalan membawa keberkahan dan kebahagiaan di jalan yang diridhoi Allah SWT. Perbanyaklah berdoa untuk lebih meyakini bahwa apa yang Kamu lakukan merupakan keputusan terbaik.

4. Berpuasa

Jika melihat dari banyak sisi bahwa Kamu belum siap menikah namun begitu mencintai dia, lakukan puasa. Hal ini sudah termaktub dalam syariat Islam bahwa puasa bisa menjaga diri seseorang dari pengaruh maksiat.

5. Shalat istikharah

Kamu benar-benar tidak bisa melupakan si dia dan ingin meminangnya segera? Lakukan shalat istikharah agar bisa mendapatkan petunjuk dari Allas SWT. Shalat Istikharah merupakan jalan terbaik agar Kamu mendapatkan pencerahan.

6. Memperjuangkan Cinta Dengan Cara Jujur

Kalau Kamu memang menyukai dia dan ingin melakukan pendekatan secara baik, datang langsung ke rumah si gadis. Cara memperjuangkan cinta dalam Islam adalah melamar secara langsung. Ada baiknya Kamu mengutarakan niat tersebut kepada orangtua si dia dengan gentle. Setidaknya Kamu akan mengetahui bagaimana respon si dia sendiri. Jika dia belum siap menikah, sebaiknya berlapang dada dan menerima hal tersebut.

Baca Juga :  Kapan Aku Punya Pacar? Mungkin 9 Hal Ini Penyebabnya Masih Jomblo!

7. Tahap Ta’aruf

Ta’aruf dalam Islam sangat diwajibkan untuk muda-mudi yang memiliki ketetapan hati untuk menikah. Kamu bisa mengenal si dia tak hanya sebatas rupa saja tetapi akhlak dan budi pekerti. Tentu ada beberapa hal yang dilakukan dalam ta’aruf seperti membatasi interaksi, bertemu harus ditemani dengan muhrim dan sebagainya.

8. Khitbah

Jika Kamu memang merasa cocok bahwa dia adalah tulang rusuk yang hilang, lakukan ke tahap serius yaitu melakukan khitbah atau lamaran. Dalam Islam, jarak antara ta’aruf dan khitbah tidak boleh terlalu lama. Kalau sudah melihat bobot, bibit dan bebet, kenapa harus menunggu lama untuk menjalin ikatan yang sah?

9. Menikah

Baca Juga :  9 Cara Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh (LDR)

Cara memperjuangkan cinta dalam Islam yang sesungguhnya adalah menghalalkan pasangan dengan ikatan yang sah. Menikah merupakan ibadah yang memiliki nilai pahala besar. Mulai persiapkan diri sebaik mungkin untuk menikah baik dari segi finansial, fisik dan mental.

Jika Kamu memang belum siap untuk melangkah ke jenjang pernikahan, lakukan hal positif yang bisa membuat Kamu tidak terjebak dalam perasaan cinta. Berpacaran hanya akan menambah pundi dosa sedangkan Kamu sendiri belum memiliki keyakinan untuk menikah. Namun, segera lakukan cara memperjuangkan cinta dalam Islam jika Kamu sudah siap menjadi kepala rumah tangga yang baik ya!




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *